KumpulBlogger Ads

ads

Minggu, 04 Agustus 2013

Menentukan Ukuran Ban Sesuai Velg

Pilih Ban Sesuai Velg - Foto dari Rumah Ban Motor

"Gan, gw mau ganti ban nih, kalau velg ukuran 3.00" x 17" dipakein ban ukuran berapa ya cocok nya?"
Di beberapa forum online komunitas roda dua sering kali muncul pertanyaan seperti di atas bagi yang baru membeli sepeda motor atau ingin mengubah tampilan & performa sepeda motor nya.



Memilih ukuran ban untuk sepeda motor sebaiknya disesuaikan dengan ukuran velg yang dipergunakan. Penggunaan ban yang tidak sesuai ukuran dapat mengurangi performa sepeda motor itu sendiri baik dari sisi visual, traksi maupun segi safety.

Ban yang terlalu lebar dari ukuran yang direkomendasikan untuk velg tersebut akan mengakibatkan bentuk ban menjadi tidak nyaman dipandang & terkesan seperti donut. Hal tersebut dapat mengakibatkan bibir ban ter tarik ke arah dinding ban. Dengan demikian dinding ban yang seharusnya menyangga traksi ban tidak berfungsi dengan baik, dan ban akan langsung kehilangan traksi pada saat kita menikung terlalu rebah... berbahaya bukan?

Kebalikan dari ban donat, ukuran ban yang terlalu lebih kecil lebarnya dari velg nya akan menyebabkan dinding ban tertarik ke arah bibir ban. Selain berbahaya karena dinding ban yang tidak mempunyai traksi rawan slip saat menikung, hal tersebut juga dapat menyebabkan ban lebih cepat rusak  / sobek.

Untuk lebih jelas nya mengenai rekomendasi ukuran lebar ban dan velg yang sesuai dapat dilihat pada tabel berikut ini

Tabel Ban vs Velg - Sumber FDRTire.com
Lebih detail mengenai ban dapat mengunjungi website FDR

0 komentar:

Posting Komentar

ads