KumpulBlogger Ads

ads

Minggu, 04 Agustus 2013

Merawat Sepeda Motor Kita Sendiri

merawat sendiri sepeda motor - photo dari revzilla.com

Halo..
lama sekali saya tidak menulis di blog ini, sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya sehingga terbengkalai.. Berhubung sekarang waktu saya sudah agak longgar.. well it's my blog... I can write anything and anytime I want .. right?

Sekarang saya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang merawat motor sendiri. Saat ini saya tinggal jauh dari lingkungan saya sebelumnya di mana ada banyak toko spare parts & accessories, bengkel langganan dengan mekanik yang handal, dan sebagai nya. Hal ini membuat saya harus memperbaiki dan merawat sendiri sepeda motor saya yang dapat dikatakan sulit mendapatkan spare part & bengkel yang benar-benar paham dengan motor jenis ini (CBR150R). Walau pun sekarang versi produksi lokal sudah banyak beredar di pasar (New CBR150R & CB150R).



berantakan ...
Syukurlah sekarang teknologi informasi & komunikasi sudah canggih , sehingga kita bisa dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan berkonsultasi dengan rekan-rekan kita walaupun berjauhan lokasi nya.

Sebenarnya merawat sepeda motor kita sangat lah mudah, berdasar dari pelajaran yang saya terima saat belajar perawatan mesin (mechanical maintenance), pengertian perawatan adalah tindakan menjaga agar mesin/alat tetap berada dalam kondisi yang dapat diterima.

Dan kegiatan perawatan dibagi menjadi tiga jenis yaitu
  1. Preventive Maintenance (perawatan pencegahan)
  2. Corrective Maintenance (perawatan untuk mengembalikan fungsi sebelum terjadi kerusakan)
  3. Breakdown Maintenance (perawatan  untuk mengembalikan fungsi akibat kerusakan)
Jenis perawatan pertama adalah perawatan pencegahan, tindakan ini sangat sederhana yaitu:
  • Inspeksi (pemeriksaan)
  • Pembersihan
  • Lubrikasi (pelumasan)
Periksa, bersihkan, dan lumasi secara rutin kendaraan anda, dengan begitu anda akan selalu tahu kondisi sepeda motor anda & kendaraan anda pun tetap akan dalam kondisi yang nyaman untuk dipergunakan.
Petunjuk untuk memeriksa, membersihkan dan melumasi sepeda motor biasa nya terdapat dalam pedoman pemilik sepeda motor.
kilaubiru.wordpress.com



Apabila dalam inspeksi ditemui ada nya part-part yang aus dan menurun fungsi nya lakukan perawatan jenis kedua yaitu Corrective maintenance.
"lu kira gampang benerin motor sendiri?" pertanyaan skeptis ... jawabannya : "gampang kalau tahu caranya" :)
Bagaimana kita tahu cara memperbaiki motor sendiri? banyak cara nya kalau kita mau belajar, manfaatkan kemudahan dengan teknologi komunikasi & informasi seperti saya sebutkan di awal tadi.. Internet adalah salah satu sumber ilmu, kita dapat mencari informasi yang kita butuhkan dengan mengetik apa yang kita cari..
Diskusi & bertanya dalam berbagai forum online., dan sebagai nya.
Ujungnya apabila mentok dengan permasalahan yang ditemui saat mencoba memperbaiki sendiri, mengunjungi bengkel dan bertanya langsung dengan yang lebih paham mengenai hal tersebut bukan ide yang buruk..setidaknya kita dapat mencuri ilmu saat mereka memperbaiki sepeda motor kita ;)

Yang jelas jangan takut untuk mencoba sendiri, untuk beberapa waktu ke depan saya ingin sedikit berbagi tentang merawat motor.. so stay tune..

0 komentar:

Posting Komentar

ads