KumpulBlogger Ads

ads

Selasa, 06 Agustus 2013

Moto Movie: Bari Bari Densetsu


Film kartun / komik menggenai sepeda motor dan cerita yang dibawanya sangat lah jarang. Sudah sejak lama saya search di internet mengenai film ini: Bari Bari Densetsu (Motorcycle Legend). Sebuah film yang diangkat dari manga (komik anime jepang) buah karya dari  Shuuichi Shigeno yang terkenal dengan film serial kartun mobil Initial-D. Akhirnya saya menemukan Channel Youtube yang memuat film ini dengan subtitle bahasa inggris, dan saya share kepada ada pembaca blog motorbagus 66garage.


screenshot cuplikan film


Saya tidak akan menceritakan sinopsis film pendek ini (ngga asik kan kalo diceritain dulu sebelum nonton..). Yang akan saya bahas di sini adalah pesan yang dibawa film ini. Film yang mengangkat tentang remaja dan sepeda motor nya, secara tipikal mungkin sama dengan kondisi yang pernah kita alami.. (ketauan kalau sudah bukan remaja lagi ;D ). 
Pada saat kita baru mengenal sepeda motor dan mulai bersenang-senang dengan "fun machine" tersebut, mulai memacu adrenalin, kebut-kebutan dan balapan dengan sesama.. dan mengabaikan resiko... (you have to admit if it's fun...if it's not, write a comment why..) Hingga akhir nya kita menyadari bagaimana resiko nya dan belajar risk management tentang berkendara. Dan yang paling penting adalah memiliki atau mempunyai mindset yang baik tentang berkendara sepeda motor. 
cuplikan manga

Pesan yang ingin di sampaikan film ini sebenarnya sangat singkat: "The Street is No Place To Race". Sebuah slogan yang juga dikampanyekan oleh Mike Doohan. Mengendarai sepeda motor memiliki resiko dan cara yang berbeda tergantung tempat nya. Dan bila kita dzolim (tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya) maka resiko yang sangat besar pun siap menghadang kita. Berkendara di sirkuit berbeda dengan berkendara di jalan raya, dan berbeda pula dengan berkendara offroad. 


Memang kendala terbesar di lingkungan kita saat ini adalah, minat yang sangat besar terhadap kompetisi sepeda motor tetapi kurangnya fasilitas yang mendukung.Secara klise ada yang berkata "kalau mau balapan di sirkuit dong" tetapi fakta nya ada berapa banyak sirkuit di negeri yang dalam satu tahun produsen dapat menjual jutaan sepeda motor? 
Sebuah masalah yang kompleks, daripada membahas masalah berbau politis dan isu makro ini, saya lebih tertarik berdiskusi tentang "how to survive enjoy riding motorcycle on the public road". Semoga saya diberikan kemudahan dan waktu untuk belajar bersama anda tentang hal ini di kemudian hari melalui blog atau media lainnya.
this is not racing, it's pacing


Untuk menyaksikan film Bari Bari Densetsu, silakan klik link playlist di bawah ini:

http://www.youtube.com/playlist?list=PLGOShuV-A1xiysgq22Yn_ehrbkR2YAyYw
So grab yourself a cup of coffee and enjoy it... ;)

0 komentar:

Posting Komentar

ads